ANALISA SWOT F2F OLSHOP







“ANALISA SWOT F2F ONLINE SHOP”
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu :
Izzatul Umami, M.Kom





 




Disusun Oleh:
Titik Dian Darmayanti   :  (172355201061)


FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS DARUL ULUM JOMBANG
 JUNI 2020




“ANALISA SWOT F2F ONLINE SHOP”
Analisis SWOT adalah instrument perencanaaan strategis yang bisa dibilang sangat klasik yaitu dengan menggunakan kerangka kerja yang berisi tentang kekuatan dan kelemahan dan kesempatan serta ancaman. Instrument ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi. Analisa SWOT sangat membantu siapapun yang ingin memulai ataupun sedang menjalani sebuah usaha.
Kali ini saya akan menganalisa SWOT dalam bisnis usaha online shop saya dibidang penjualan Fashion yaitu gamis dan jilbab.

S– STRENGTH
1.      Respon yang didapat dari konsumer mengenai barang atau segala macam yang berhubungan dengan usaha ini bisa diterima dengan sangat cepat tanpa melalui pihak-pihak seperti atasan dll.
2.      Online shop dinilai lebih mudah untuk memahami kemauan dan kebutuhan pelanggan.
3.      Bisnis online shop adalah bisnis yang sedang marak dan menjanjikan.
4.      Modal yang dibutuhkan relatif kecil.
5.      Karena minimnya pengeluaran, barang online shop menjadi lebih murah dari barang yang dijual secara konvensional.
6.      Lebih dekat dengan pelanggan.
7.      Pilihan produk lebih banyak karena biasanya memakai sistem preorder.
8.      Pasar yang tidak terbatas, bisa dijangkau siapa saja.
9.      Transaksi bisa dilakukan dengan muda dan dalam waktu 24 jam
10.  Sistem pengiriman produk yang proffesional seperti POS, JNE, TIKI, WAHANA, dll.

W – WEAKNESS
  1. Penipuan mudah sekali terjadi dalam online shop.
  2. Hanya bisa menjangkau kota dan masyarakat yang memiliki akses internet.
  3. Saingan sangat banyak.
  4. Belum adanya undang-undang yang mengatur tentang internet marketing shingga apabila ada masalah tidak bisa menuntut.
  5. Meskipun proffesional, jasa pengiriman masih sering membuat kesalahan.
  6. Banyak masyarakat yang belum sepenuhnya percaya dengan online shop.
  7. Proses pengiriman memakan waktu terutama semakin maraknya online shop saat ini.
  8. Sering adanya ketidak puasan dari pelanggan.
  9. Mahalnya biaya kirim.
  10. Masyarakat sering sekali ragu akan kualitas barang kami.
  11.  Promosi yang terbatas, mahal, dan sering sekali diacuhkan.
O – OPPORTUNITY
  1. Tren yang selalu berganti membuat online shop lebih mudah beradaptasi karena online shop lebih fleksibel.
  2. Teknologi yang selalu baru membuat online shop juga akan terus berkembang.
  3. Ekspansi bisnis yang sangat global.
  4. Selalu tersedia setiap hari ( 24 jam dan 7 hari)
  5. Oerkembangan bisnis yang cepat dan cakupannya luas.
  6. Promosi yang bisa dilakukan kapan saja membuat online shop kami akan terus dilihat oleh pelanggan.
  7. Banyaknya masyarakat yang gila belanja teruama belanja online menjadi salah satu kesempatan besar kami.
  8. Barang yang bagus dan murah membuat online shop semakin ramai. (amin)


T – THREATEN
  1. Pesaing yang sangat banyak.
  2. Perubahan lingkungan pasar.
  3. Inovasi produk yang harus selalu dilakukan.
  4. Tidak adanya privasi karena data-data pelanggan akan diketahui untuk keperluan pengiriman.
  5. Banyak mindset yang tetap  menganggap belanja online sangat beresiko.
  6. Penipu dimana-mana.

1.1  PRINSIP DASAR BISNIS ONLINE SHOP
Berikut 6 Prinsip bisnis yang harus Anda ketahui untuk membuat Toko Online yang baik.
1.      Buat riset sederhana untuk market anda.
Sebelum anda memutuskan membuat sebuah toko online yang anda inginkan, sebaiknya anda coba untuk melakukan riset sederhana yang berkaitan dengan produk/jasa yang akan anda jual atau tawarkan.
2.      Tentukan Segmen Pasar Anda.
Bisnis online sebenarnya tidak berbeda dengan bisnis konvensional jika dlihat dari market maupun konsumennya. Anda harus memperhatikan segmen yang akan anda tuju dalam menjalankan toko online anda nantinya, apakah produk yang anda tawarkan sudah sesuai dengan segmen market yang anda tuju.
3.      Fokus terhadap toko online yang anda buat.
Layaknya sebuah toko, sebagai pemilik toko online anda harus memberikan konsentrasi penuh terhadap toko online anda. Baik dari segi penataan produk yang didisplay, kemudahan pemesanan, pembuatan katalog elektronik untuk pelanggan, dan yang terpenting adalah waktu yang anda berikan untuk toko online anda harus bisa maksimal baik dari sisi promo maupun membuat deskripsi produk yang anda tawarkan.
4.      Beri kemudahan bagi Pelanggan Anda dengan menu-menu navigasi yang ada.
Kemudahan menu-menu navigasi yang harus ada demi kemudahan berbelanja bagi pelanggan anda menjadi salah satu bagian yang harus anda perhatikan, beberapa menu navigasi yang harus ada pada toko online anda antara lain : Tentang Kami, Hubungi Kami, Cara Pemesanan, Privacy Policy, dan Kategori Produk yang anda tawarkan. Selain itu anda dapat memasang menu-menu pendukung lainnya.
5.      Buatlah Situs Toko Online Yang  SEO Friendly.
Search Engine Optimazation ( SEO ) merupakan  hal yang penting demi keberhasilan sebuah toko online, meski hal ini membutuhkan usaha yang cukup keras dan konsisten namun hasil nya akan anda rasakan di kemudian hari.
6.      Jangan terlalu banyak memasang widget yang kurang bermanfaat.
Widget yang terlalu ramai meskipun terkesan indah untuk toko online anda terkadang bisa menimbulkan masalah dalam loading dari content produk anda. lamanya waktu yang diperlukan untuk menampilkan produk, akan membuat  calon pelanggan anda akan merasa bosan dan segera menutup halaman toko online anda dan beralih untuk browsing yang lain.

1.2  ASPEK STUDY KELAYAKAN USAHA
PROSPEK PASAR
Pada saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi sangat meningkat, untuk memnuhi kebutuhan ini diperlukan sarana-sarana yang memadai dalam rangka pengiriman dan penerimaan informasi yang baik terutama dalam pelayanan jasa telekomunikasi. Untuk melihat kelayakan usaha tersebut dapat diketahui dari berbagai aspek-aspek yang harus diperhatikan oleh pemilik usaha tersebut, kita lihat satu persatu aspek-aspek tersebut yang pertama aspek pasar, apabila pasar atau konsumen yang akan menikmati produk ini tidak begitu banyak berarti dilihat dari aspek pasar usaha ini tidak layak, yang kedua aspek teknis apabila tidak ada unsur-unsur teknis yang mendukung jalannya usaha initidak dapat berjalan dengan maksimal, aspek keuangan apakah modal yang diperlukan memenuhi target dan sumber-sumber dana yang ditaksirkan.

NAMA USAHA
Usaha yang dijalankan diberi nama”F2F Online Shop”

LOKASI USAHA
Lokasi usaha yaitu dengan pembuatan group pada suatu fasilitas media yang telah disediakan oleh satu nama merk handphone yang memproduksi smartphone.Pembuatan account pada social media lainnya seperti facebook, instagram, atau kita juga dapat membuat website khusus pribadi yang jumlah pelanggan yang semakin banyak atau melebihi batas maximum group pada Smartphone.

TARGET PELANGGAN
Target usaha online shop ini adalah semua orang yang terdapat dalam kontak Dan juga mereka pengguna internet yang tergabung dalam situs jejaring social lainnya yang telah disediakan oleh fashionable outlet.

JENIS USAHA
Jenis usaha yang direncanakan adalah :
1.      Penjualan Jilbab
2.      Penjualan Gamis
3.      Penjualan Peralatan Rumah Tangga
4.      Dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.
PERANGKAT KERAS :
Petangkat keras yang digunakan dalam usaha ini adalah :
1.      Smartphone.
2.      Laptop atau komputer (jika diperlukan).
3.      Koneksi internet
4.      M-Banking atau E-Banking.

LABA
Laba dari tiap produk yang ditawarkan berbeda-beda, kemungkinannya aialah Rp. 20.000 – Rp.100.000 tergantung dari berapa banyak barang yang dibeli dari 1 orang customer dan belum dari biaya ongkir.
PEMBAGIAN HASIL
Kebanyakan dalam usaha online shop jenis ini adalah perorangan, maka tidak ada pembagian hasil dengan pihak maupun dalam usaha online shop ini. Karena laba atau keuntungan yang di dapat dari tiap barangnya hanya sedikit, umumnya maksimal pembuatan usaha online ini hanya  2 orang saja.
OMSET
Nama Produk Harga :
Jilbab Rp. 35.000,- s/d Rp.95.000,-
Gamis Rp.85.000,-s/d Rp.250.000,-
Peralatan Rumah Tangga Rp. 15.000,- s/d Rp.250.000,-
OMSET
1.Omset ready dalam sebulan, omset yang dihasilkan mencapai 800.000 ribu rupiah.Modal tiap minggunya sekitar Rp.150.000 (Rp. 150.000 x 4 = Rp.600.000).Perhari laba bersih yang di dapat kurang lebih sekitar Rp 25.000, jika dikalikan (Rp. 25.000 x 30 = Rp. 750.000).
2. Omset preOrder
Omset Pre Order dalam sebulan dihasilkan sekitar 1500.000 (laba kotor). Laba diambil 25% dari laba kotor tersebut. Rp 1500.000 x 25% = Rp. 375.000
Jadi omset modal bersih dalam sebulan adalah sekitar Rp. 750.000 + Rp 375.000 = Rp 1.125.000. Uang tersebut sebagian untuk ditabung, penambahan modal barang, keperluan biaya listrik, dan juga biaya kuliah.

SURAT PERJANJIAN
Dalam awal menjalankan usaha online shop ini biasanya perjanjian yang dibuat hanya berdasarkan lisan atau ucapan saja, tidak ada surat perjanjian dalam usaha online shop ini. Hal itu terjadi selama tidak ada anggota yang memberikan modal dalam bentuk apapun yang mengharuskan dibuatnya surat perjanjian untuk mendapatkan jaminan hukum.

STRATEGI PEMASARAN
Strategi yang kami jalankan pada usaha online shop ini anatar lain :
1.      Dengan memberikan potongan harga ongkos kirim atau dapat juga free ongkir untuk pembelian diatas 3pcs atau kepada konsumen yang sudah lebih dari 5 kali membeli produk di dalam group shop kami.
2.      Karena adanya keterbatasan sistem dalam perangkat blackberry messenger yang mengakibatkan tidak meresponnya perangkat dikarenakan terlalu banyaknya seseorang berada dalam suatu group, sehingga ada beberapa kontak atau orang yang menolak untuk ikut masuk menjadi anggota dalam group ini. Maka dari itu kami menjadikan profil picture kami untuk menampilkan gambar-gambar dari produk-produk yang kami tawarkan di dalam group online shop kami. Sehingga orang-orang atau kontak yang tidak berada dalam group ini pun tetap dapat melihat apa yang coba kami tawarkan.
3.      Menampilkan barang-barang yang bisa mengundang atau memancing orang untuk melihat-lihat barang yang kita tawarkan.
4.      Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon pembeli.
5.      Memberikan diskon atau potongan harga jika membeli dalam jumlah banyak.
6.      Memberikan diskon khusus kepada pembeli atau pelanggan setia.
7.      Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.








KESIMPULAN
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnislainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomikapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang & jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud pasarI secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengankoneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual-beli secara cepat dan nyaman.
Tetapi, jarang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, danmengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu.Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.





SARAN
Dalam berwirausaha kita harus memiliki keinginan yang kuat dan harus bisa menerima segala resiko yang ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena emas adasatu jengkal lagi. Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan Jaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri.





LAMPIRAN GAMBAR USAHA
1.  Aneka Macam Jilbab

2. Aneka Macam Gamis

3. Aneka Macam Peralatan Rumah Tangga







TESTIMONI



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemrograman Java Dengan Perintah If Dan Perulangan