ANALISA SWOT F2F OLSHOP
“ANALISA
SWOT F2F ONLINE SHOP”
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu :
Izzatul Umami, M.Kom
Disusun Oleh:
Titik Dian
Darmayanti : (172355201061)
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS DARUL ULUM JOMBANG
JUNI 2020
“ANALISA SWOT F2F
ONLINE SHOP”
Analisis
SWOT adalah instrument perencanaaan strategis yang bisa dibilang sangat klasik
yaitu dengan menggunakan kerangka kerja yang berisi tentang kekuatan dan
kelemahan dan kesempatan serta ancaman. Instrument ini memberikan cara
sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi.
Analisa SWOT sangat membantu siapapun yang ingin memulai ataupun sedang
menjalani sebuah usaha.
Kali
ini saya akan menganalisa SWOT dalam bisnis usaha online shop saya dibidang
penjualan Fashion yaitu gamis dan jilbab.
S– STRENGTH
1. Respon yang didapat dari konsumer
mengenai barang atau segala macam yang berhubungan dengan usaha ini bisa
diterima dengan sangat cepat tanpa melalui pihak-pihak seperti atasan dll.
2.
Online
shop dinilai lebih mudah untuk memahami kemauan dan kebutuhan pelanggan.
3.
Bisnis
online shop adalah bisnis yang sedang marak dan menjanjikan.
4.
Modal
yang dibutuhkan relatif kecil.
5.
Karena
minimnya pengeluaran, barang online shop menjadi lebih murah dari barang yang
dijual secara konvensional.
6.
Lebih
dekat dengan pelanggan.
7.
Pilihan
produk lebih banyak karena biasanya memakai sistem preorder.
8.
Pasar
yang tidak terbatas, bisa dijangkau siapa saja.
9.
Transaksi
bisa dilakukan dengan muda dan dalam waktu 24 jam
10. Sistem pengiriman produk yang
proffesional seperti POS, JNE, TIKI, WAHANA, dll.
W – WEAKNESS
- Penipuan mudah sekali terjadi dalam online shop.
- Hanya bisa menjangkau kota dan masyarakat yang memiliki akses internet.
- Saingan sangat banyak.
- Belum adanya undang-undang yang mengatur tentang internet marketing shingga apabila ada masalah tidak bisa menuntut.
- Meskipun proffesional, jasa pengiriman masih sering membuat kesalahan.
- Banyak masyarakat yang belum sepenuhnya percaya dengan online shop.
- Proses pengiriman memakan waktu terutama semakin maraknya online shop saat ini.
- Sering adanya ketidak puasan dari pelanggan.
- Mahalnya biaya kirim.
- Masyarakat sering sekali ragu akan kualitas barang kami.
- Promosi yang terbatas, mahal, dan sering sekali diacuhkan.
O
– OPPORTUNITY
- Tren yang selalu berganti membuat online shop lebih mudah beradaptasi karena online shop lebih fleksibel.
- Teknologi yang selalu baru membuat online shop juga akan terus berkembang.
- Ekspansi bisnis yang sangat global.
- Selalu tersedia setiap hari ( 24 jam dan 7 hari)
- Oerkembangan bisnis yang cepat dan cakupannya luas.
- Promosi yang bisa dilakukan kapan saja membuat online shop kami akan terus dilihat oleh pelanggan.
- Banyaknya masyarakat yang gila belanja teruama belanja online menjadi salah satu kesempatan besar kami.
- Barang yang bagus dan murah membuat online shop semakin ramai. (amin)
T
– THREATEN
- Pesaing yang sangat banyak.
- Perubahan lingkungan pasar.
- Inovasi produk yang harus selalu dilakukan.
- Tidak adanya privasi karena data-data pelanggan akan diketahui untuk keperluan pengiriman.
- Banyak mindset yang tetap menganggap belanja online sangat beresiko.
- Penipu dimana-mana.
1.1 PRINSIP
DASAR BISNIS ONLINE SHOP
Berikut 6 Prinsip bisnis yang harus
Anda ketahui untuk membuat Toko Online yang baik.
1. Buat
riset sederhana untuk market anda.
Sebelum
anda memutuskan membuat sebuah toko online yang anda inginkan, sebaiknya anda
coba untuk melakukan riset sederhana yang berkaitan dengan produk/jasa yang
akan anda jual atau tawarkan.
2. Tentukan
Segmen Pasar Anda.
Bisnis
online sebenarnya tidak berbeda dengan bisnis konvensional jika dlihat dari
market maupun konsumennya. Anda harus memperhatikan segmen yang akan anda tuju
dalam menjalankan toko online anda nantinya, apakah produk yang anda tawarkan
sudah sesuai dengan segmen market yang anda tuju.
3. Fokus
terhadap toko online yang anda buat.
Layaknya
sebuah toko, sebagai pemilik toko online anda harus memberikan konsentrasi
penuh terhadap toko online anda. Baik dari segi penataan produk yang didisplay,
kemudahan pemesanan, pembuatan katalog elektronik untuk pelanggan, dan yang
terpenting adalah waktu yang anda berikan untuk toko online anda harus bisa
maksimal baik dari sisi promo maupun membuat deskripsi produk yang anda
tawarkan.
4. Beri
kemudahan bagi Pelanggan Anda dengan menu-menu navigasi yang ada.
Kemudahan
menu-menu navigasi yang harus ada demi kemudahan berbelanja bagi pelanggan anda
menjadi salah satu bagian yang harus anda perhatikan, beberapa menu navigasi
yang harus ada pada toko online anda antara lain : Tentang Kami, Hubungi Kami,
Cara Pemesanan, Privacy Policy, dan Kategori Produk yang anda tawarkan. Selain
itu anda dapat memasang menu-menu pendukung lainnya.
5. Buatlah
Situs Toko Online Yang SEO Friendly.
Search
Engine Optimazation ( SEO ) merupakan hal yang penting demi keberhasilan
sebuah toko online, meski hal ini membutuhkan usaha yang cukup keras dan
konsisten namun hasil nya akan anda rasakan di kemudian hari.
6. Jangan
terlalu banyak memasang widget yang kurang bermanfaat.
Widget
yang terlalu ramai meskipun terkesan indah untuk toko online anda terkadang
bisa menimbulkan masalah dalam loading dari content produk anda. lamanya waktu
yang diperlukan untuk menampilkan produk, akan membuat calon pelanggan
anda akan merasa bosan dan segera menutup halaman toko online anda dan beralih
untuk browsing yang lain.
1.2 ASPEK
STUDY KELAYAKAN USAHA
PROSPEK
PASAR
Pada saat ini kebutuhan masyarakat
akan informasi sangat meningkat, untuk memnuhi kebutuhan ini diperlukan
sarana-sarana yang memadai dalam rangka pengiriman dan penerimaan informasi
yang baik terutama dalam pelayanan jasa telekomunikasi. Untuk melihat kelayakan
usaha tersebut dapat diketahui dari berbagai aspek-aspek yang harus
diperhatikan oleh pemilik usaha tersebut, kita lihat satu persatu aspek-aspek
tersebut yang pertama aspek pasar, apabila pasar atau konsumen yang akan
menikmati produk ini tidak begitu banyak berarti dilihat dari aspek pasar usaha
ini tidak layak, yang kedua aspek teknis apabila tidak ada unsur-unsur teknis
yang mendukung jalannya usaha initidak dapat berjalan dengan maksimal, aspek
keuangan apakah modal yang diperlukan memenuhi target dan sumber-sumber dana
yang ditaksirkan.
NAMA
USAHA
Usaha yang dijalankan diberi
nama”F2F Online Shop”
LOKASI
USAHA
Lokasi usaha yaitu dengan pembuatan
group pada suatu fasilitas media yang telah disediakan oleh satu nama merk
handphone yang memproduksi smartphone.Pembuatan account pada social media
lainnya seperti facebook, instagram, atau kita juga dapat membuat website
khusus pribadi yang jumlah pelanggan yang semakin banyak atau melebihi batas
maximum group pada Smartphone.
TARGET
PELANGGAN
Target usaha online shop ini adalah
semua orang yang terdapat dalam kontak Dan juga mereka pengguna internet yang
tergabung dalam situs jejaring social lainnya yang telah disediakan oleh
fashionable outlet.
JENIS
USAHA
Jenis usaha yang direncanakan adalah
:
1.
Penjualan
Jilbab
2.
Penjualan
Gamis
3.
Penjualan
Peralatan Rumah Tangga
4.
Dan
lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.
PERANGKAT KERAS :
Petangkat keras yang digunakan dalam usaha ini adalah :
1.
Smartphone.
2.
Laptop
atau komputer (jika diperlukan).
3.
Koneksi
internet
4.
M-Banking
atau E-Banking.
LABA
Laba dari tiap produk yang ditawarkan berbeda-beda,
kemungkinannya aialah Rp. 20.000 – Rp.100.000 tergantung dari berapa banyak
barang yang dibeli dari 1 orang customer dan belum dari biaya ongkir.
PEMBAGIAN HASIL
Kebanyakan dalam usaha online shop jenis ini adalah perorangan,
maka tidak ada pembagian hasil dengan pihak maupun dalam usaha online shop ini.
Karena laba atau keuntungan yang di dapat dari tiap barangnya hanya sedikit,
umumnya maksimal pembuatan usaha online ini hanya 2 orang saja.
OMSET
Nama Produk Harga :
Jilbab Rp. 35.000,- s/d Rp.95.000,-
Gamis Rp.85.000,-s/d Rp.250.000,-
Peralatan Rumah Tangga Rp. 15.000,- s/d Rp.250.000,-
OMSET
1.Omset ready dalam sebulan, omset yang dihasilkan mencapai
800.000 ribu rupiah.Modal tiap minggunya sekitar Rp.150.000 (Rp. 150.000 x 4 =
Rp.600.000).Perhari laba bersih yang di dapat kurang lebih sekitar Rp 25.000,
jika dikalikan (Rp. 25.000 x 30 = Rp. 750.000).
2. Omset preOrder
Omset Pre Order dalam sebulan dihasilkan sekitar 1500.000
(laba kotor). Laba diambil 25% dari laba kotor tersebut. Rp 1500.000 x 25% =
Rp. 375.000
Jadi omset modal bersih dalam sebulan adalah sekitar Rp.
750.000 + Rp 375.000 = Rp 1.125.000. Uang tersebut sebagian untuk ditabung,
penambahan modal barang, keperluan biaya listrik, dan juga biaya kuliah.
SURAT PERJANJIAN
Dalam awal menjalankan usaha online shop ini biasanya
perjanjian yang dibuat hanya berdasarkan lisan atau ucapan saja, tidak ada
surat perjanjian dalam usaha online shop ini. Hal itu terjadi selama tidak ada
anggota yang memberikan modal dalam bentuk apapun yang mengharuskan dibuatnya
surat perjanjian untuk mendapatkan jaminan hukum.
STRATEGI PEMASARAN
Strategi yang kami jalankan pada usaha online shop ini
anatar lain :
1.
Dengan
memberikan potongan harga ongkos kirim atau dapat juga free ongkir untuk
pembelian diatas 3pcs atau kepada konsumen yang sudah lebih dari 5 kali membeli
produk di dalam group shop kami.
2.
Karena
adanya keterbatasan sistem dalam perangkat blackberry messenger yang
mengakibatkan tidak meresponnya perangkat dikarenakan terlalu banyaknya
seseorang berada dalam suatu group, sehingga ada beberapa kontak atau orang
yang menolak untuk ikut masuk menjadi anggota dalam group ini. Maka dari itu
kami menjadikan profil picture kami untuk menampilkan gambar-gambar dari
produk-produk yang kami tawarkan di dalam group online shop kami. Sehingga
orang-orang atau kontak yang tidak berada dalam group ini pun tetap dapat
melihat apa yang coba kami tawarkan.
3. Menampilkan
barang-barang yang bisa mengundang atau memancing orang untuk melihat-lihat
barang yang kita tawarkan.
4.
Memberikan
pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon pembeli.
5.
Memberikan
diskon atau potongan harga jika membeli dalam jumlah banyak.
6.
Memberikan
diskon khusus kepada pembeli atau pelanggan setia.
7.
Menyediakan
fasilitas pembayaran yang lengkap.
KESIMPULAN
Bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnislainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis
berasal dari kata business yang
berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomikapatalis,
kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk
mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para
pemiliknya.
Belanja
online (online shop) merupakan proses pembelian barang & jasa oleh konsumen
ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan
melalui internet. Tak perlu harus bertemu
penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud pasarI secara fisik, namun hanya dengan menghadap
layar monitor computer, dengankoneksi
internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual-beli secara cepat dan nyaman.
Tetapi, jarang yang hanya
di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi
beranggapan, jika hanya melihat gambar, danmengira ira wujudnya saja,
bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan
kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah
melakukan transfer sejumlah uang tertentu.Karena transaksi sebagian
besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu
terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.
SARAN
Dalam
berwirausaha kita harus memiliki keinginan yang kuat dan harus bisa menerima segala resiko yang
ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati
saja prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali,
karena emas adasatu jengkal lagi. Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan
Jaman dan kebutuhan
masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan
mengurangi pengangguran di dalam negeri.
LAMPIRAN GAMBAR USAHA
1. Aneka Macam Jilbab
2. Aneka Macam Gamis
3. Aneka Macam Peralatan Rumah Tangga
TESTIMONI
Komentar
Posting Komentar